Mencium Aroma Surga

Saat itu Anas ra berkata, “Tatkala berkecamuk dengan dahsyatnya perang badar. Pamanku, Anas ibn An-Nadar tidak ikut serta dalam sengitnya medan pertempuran, maka beliau berujar: “Wahai Rasululloh, aku telah tertinggal dalam pertempuran pertama, dimana anda memerangi kaum musyrikin, jika saya mendapatkan kesempatan untuk memerangi kaum musyrikin di masa yang akan datang niscaya Alloh akan melihat apa yang aku akan lakukan!”

Maka, ketika pecah laga perang Uhud dan pasukan kaum muslimin terdesak, pamanku berucap: “Duhai ya Alloh, aku memohon ampunan atas apa yang dilakukan mereka (para sahabat), dan aku berlepas dari apa yang diperbuat kaum musyrikin.” Kemudian ia maju berlari, merangsek di bawah lesatan anak panah, hujaman tombak dan sabetan pedang. Pada saat yang sama Sa’ad ibn Mu’adz menyambutnya. Lalu, pamanku berkata: “Wahai Sa’ad ibn Mu’adz, surga…! demi Robb yang menguasai an-Nadar, sesungguhnya aku telah mendapatkan aroma surga di pertempuran Uhud ini!” maka, Sa’ad tadi berkata: “Aku tadi tidak mampu melakukan seperti apa yang ia lakukan wahai Rasululloh!”

Anas mengatakan: “Kami menemukan jenazahnya. Dan tubuhnya terdapat delapan puluh lebih luka tebasan pedang, tusukan tombak atau hunjaman anak panah. Kami menemukannya terbunuh dan orang-orang musyrik telah mencincangnya, hingga tak ada seorang pun yang mengenalinya, melainkan saudari perempuannya yang mengenalinya dari ujung-ujung jarinya.

Anas mengakhiri kisah pamannya sambil berkata: “Kami mengira bahwa ayat ini turun berkenaan dengannya dan yang mengalami serupa dengannya.”

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu- nunggu dan mereka tidak merobah (janjinya).” (QS. Al-Ahzab: 23)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: