AS Dorong Saudi Tenangkan Taliban

AS Dorong Saudi Tenangkan Taliban
Virginia (Arrahmah.com) –

Ada-ada saja yang dilakukan AS untuk melanggengkan kepentingannya di Pakistan. Atas nama misi melawan terorismenya, pimpinan Pentagon Robert Gates merangkul pejabat tinggi Saudi yang disinyalir memelihara ikatan yang cukup dekat dengan elemen al Qaeda dan Taliban di Asia Selatan.
Dalam konferensi pers di Riyadh, Gates mengatakan bahwa AS tengah mendorong Saudi Arabia untuk memainkan peran sebagai penenang dalam kekerasan yang terjadi di salah satu negara di Asia Selatan.
“Di sisi lain, Saudi memiliki pengaruh di Pakistan. Maka, saya pikir apapun yang bisa mereka lakukan untuk membawa Pakistan duduk bersama-sama untuk melakukan kesepakatan dengan ‘tantangan’ yang dihadapi pemerintahan di Islamabad sekarang pastinya akan bisa diterima,” kata Gates.
Pihak Saudi sendiri mengaku telah melakukan beberapa pembicaraan dengan Taliban dan pemerintah Kabul di Mekkah beberapa bulan lalu.
Perkembangan ini muncul setelah seorang pejabat senior AS mengatakan bahwa Washington sedang bersiap-siap membicarakan pembentukan partai politik bagi Taliban di kedua negara, Afghanistan dan Pakistan.
Selain itu, untuk mensukseskan misinya di negeri kaum muslimin tersebut, Washington pun melirik pemimpin oposisi Pakistan Nawaz Sharif -yang menghabiskan tahun-tahun pengasingannya di Saudi Arabia- untuk beberapa susunan rencana mengenai pemerintahan Islamabad mendatang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: