Simbol Anak Durhaka = SINCAN

Sincan adalah anak yang sering mendurhakai kedua orang tuanya, dia suka berbohong, mengeluarkan kata-kata yang kurang ajar kepada kedua orang tuanya, dan suka membuat orang tuanya marah dan jengkel. Jadi, jangan heran kalau banyak anak-anak yang meniru watak Sincan, karena telah terpengaruh oleh cerita kartun tersebut.

Allah berfirman,
وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيمًا
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kalian jangan menyembah selain dia dan hendaklah kalian berbuat baik pada ibu bapak kalian dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kalian mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS.Al-Israa’:23)

Nabi saw telah menyebutkan di antara dosa-dosa besar,
“Menyekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua.” Kemudian Beliau duduk -sebelumnya bersandar- sambil bersabda, “Ingatlah, dan juga perkataan dusta.” (HR. Bukhari dalam Shahih-nya 2511)

Abu Amr Ibnush Shalah berkata, “Mungkin bisa dikatakan, taat kepada kedua orang tua adalah wajib dalam segala sesuatu yang bukan maksiat, menyelisihi perintah keduanya dalam hal itu adalah kedurhakaan.” (Lihat Umdah Al-Qariy (13/216)

Jadi, termasuk dosa besar jika seseorang mencela, membentak, merendahkan orang tuanya. Semua ini adalah bentuk-bentuk durhaka yang terlarang di dalam agama kita yang memiliki aturan yang amat sempurna!

Masih akankah kita membiarkan anak-anak kita tenggelam dalam kesalahan-kesalahan yang menipu dengan bingkai menarik lagi menghibur. Hendaknya kita selalu berdoa dengan harap dan cemas agar kita dan keluarga terus dianugrahi petunjuk Ilahi. Waallahu’alam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: