MUI Samarinda: Haramnya Rokok

Antaranews- Digambarkan, merokok haram hukumnya berdasarkan makna yang terindikasi dari zhahir ayat Al-Quran dan As-Sunnah serta i`tibar (logika) yang benar sesuai Firman Allah, “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan.” (Al-Baqarah: 195).

“Makna dari ayat itu menyiratkan, merokok termasuk kebiasaan yang mencampakkan diri sendiri ke dalam kebinasaan sehingga jika merujuk pada ayat tersebut, rokok dapat dikategorikan sebagai perbuatan haram,” Penjelasan KH.KH.Zaini Naim, seorang Ketua MUI Samarinda.

“Sementara, dalil As-Sunah sesuai hadis shahih dari Rasulullah saw, bahwa beliau melarang menyia-nyiakan harta dengan mengalokasikannya kepada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Membeli rokok oleh sebagian ulama termasuk pengalokasian harta pada hal yang tidak bermanfaat,” imbuhnya. Dalil lain lanjut Ketua MUI Samarinda tersebut, Sabda Rasulullah saw yakni, “Tidak boleh (menimbulkan) bahaya dan tidak boleh pula membahayakan orang lain.” (HR. Ibnu Majah dari kitab Al-Ahkam 2340). “Namun, masih ada sebagian kyia berpendapat bahwa merokok itu hukumnya makruh. Sebagian lagi ulama memandang bahwa orang yang merokok itu mulutnya berbau kurang sedap yang mengganggu orang lain sehingga menyebut merokok sebagai perbuatan makruh,” katanya.

Sementara, salah seorang warga Samarinda, Syafri mengaku, tidak akan terpengaruh fatwa MUI tentang rokok. “Apapun keputusan MUI, bagi saya merokok adalah sebuah kebiasaan yang tidak bisa saya tinggalkan begitu saja. Sepengetahuan saya, masalah rokok tidak diatur secara tegas dalam Al-Quran dan hadist Nabi, sehingga saya kurang sependapat jika rokok itu difatwakan haram,” ungkapnya.

Warga lainnya Agus, mengungkapkan, kebiasaan merokok merupakan perbuatan yang sudah lazim dilakukan masyarakat, sehingga jika hal itu dilarang mestinya kata dia, perusahaan rokok yang harus dihentikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: