Pengamat LIPI: Sejak Awal Saya Percaya, Taliban Akan Kembali

Hidayatullah. com–Menanggapi, pernyataan International Council on Security and Development (ICOS) , bahwa Taliban sudah kuasai 72 persen dari wilayah Afghanistan, Dhuroruddin Mashad, pengamat dari LIPI menyatakan, bahwa itu suatu hal yang masuk akan dan sudah diprediksikan sebelumnya.

“Prosentasenya, saya tidak tahu pasti, tapi itu memungkinkan, karena yang jatuh hanya pemerintahannya saja, sedangkan Talibannya sendiri masih eksis. Angka itu sangat masuk akal, karena saya melihat sejak awal, waktu Taliban jatuh pada tahun 2001, ia akan bangkit kembali”. Tuturnya kepada http://www.hidayatullah.com.

Menurutnya, ada 3 hal yang mendukung kembalinya Taliban, pertama karena idiologi. “Ideologi itu tidak bisa dibunuh, karena secara ideologi Taliban diterima di Afghanistan tengah, selatan dan daerah yang berbatasan dengan Pakistan”. Dan sebab lain karena orang-orang Asia Tengah sendiri sangat anti imperialisme. Dan kedaan pemerintah Karzai pro Barat yang carur-marut juga mendukung kebangkitan Taliban.

Pengamat Asia Selatan ini juga menyatakan bahwa gerakan Taliban sudah mencapai kota. “Bahkan saya mengamati sampai saat ini banyak faksi-faksi Taliban sudah berada di kota. Mereka membaur dengan rakyat dan rakyat tahu kalau mereka itu Taliban, akan tetapi mereka enggan melaporkannya. Karena itulah, sampai saat ini amat susah menemukan Usamah bin Ladin”.

Ketika ditanya tentang strategi yang terbaik bagi Taliban agar bisa kembali memimpin, Mashad mengatakan,”Kalau Taliban tetap memakai baju Talibannya, saya kira amat sulit, karena Barat sudah terlanjur memiliki pandangan buruk. Jika berhasil menggulingan pemerintahan, Taliban baru bisa jika pakai baju lain, akan tetapi orang-orangnya juga dari Taliban”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: